4 HAL YANG HARUS DIPAHAMI UNTUK MENJADI INOVATOR

Wardah / / 4 Hal Yang Harus Dipahami Untuk Menjadi Inovator

KontributorGabriella Tara Parapasan - Grantee Wardah Scholarship Program 2020

Dalam acara Paragon Innovation Summit 2.0 yang diselenggarakan pada tanggal 27 sampai dengan 28 Maret 2021, saya memperoleh insight baru dari berbagai narasumber, yang pastinya menambah pengetahuan dan pemahaman saya tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan perempuan pembawa perubahan. Dari beberapa topik yang disampaikan oleh beberapa narasumber tersebut, salah satu inspirasi yang saya sukai yaitu acara yang bertemakan “Making Changes Through the Hearts, Hands, And Minds of Women” yang dibawakan oleh narasumber Ibu Hanifa Ambadar sebagai Founder and CEO at Female Daily Network dan Amalia Sarah sebagai EVP and CMO at Paragon Technology and Innovation.

Di dalam acara tersebut, para narasumber menyampaikan gagasan-gagasannya bahwa Women in Innovation di Indonesia sudah lumayan banyak dan mereka sudah lebih berani dan sangat percaya diri untuk menempati posisi yang strategis di sebuah perusahaan, bahkan sudah berani untuk membuka bisnis baru. Walaupun perempuan Indonesia sudah banyak menduduki jabatan penting dalam suatu perusahaan, baik swasta maupun BUMN, namun keterlibatan perempuan Indonesia masih sangat diperlukan partisipasinya dalam menciptakan kesempatan kerja sehingga semakin banyak tercipta peluang kerja bagi masyarakat.

Untuk memenuhi harapan di atas, kita sebagai sesama perempuan harus saling mendukung dan menguatkan (women support women) agar tercipta ekosistem yang inovatif dan saling mendukung. Kita juga harus selalu membuka mata, telinga, hati terhadap kondisi lingkungan di sekitar kita, sehingga kita tidak akan merasa sendirian dan tidak ketinggalan informasi. Oleh karena itu, innovation mindset harus dimiliki setiap orang karena jika kita bersatu, maka kita akan berkolaborasi membentuk aggregate collaboration sehingga menghasilkan berbagai point of view yang selanjutnya dapat menajamkan insight dan memberikan solusi yang jauh lebih tepat. Melalui kegiatan women support women, suatu gagasan baru dapat muncul dari beberapa orang sehingga menghasilkan suatu kegiatan yang bermanfaat.

Hal-hal yang harus dipersiapkan agar women innovator di Indonesia semakin banyak, antara lain:

  1. Jangan membatasi ruang gerak diri kita sendiri. Kita jangan takut untuk terjun ke dunia startup ataupun entrepreneurship. Hal ini karena kalau bukan kita yang memulainya, maka the next generation akan semakin susah untuk mendobraknya.
  2. Kita harus mulai berhati-hati untuk berbicara kepada the next generation tentang cita-cita apa yang mereka inginkan di kemudian hari. Kita jangan membuat mereka menjadi patah semangat untuk meraih mimpi mereka. Contoh, mereka ingin bercita-cita menjadi Duta Besar, namun kita memberikan informasi kepada mereka bahwa kalau menjadi duta besar nanti, mereka akan menyusahkan diri sendiri karena ditempatkan ke negara-negara lain, atau jika hal itu terjadi nanti bagaimana dengan keluargamu. Contoh lain, jangan terlalu ambisius untuk menggapai cita-citamu karena jika terlalu sibuk untuk mengurus pekerjaan, nanti tidak ada pria yang mau sama kamu. Contoh-contoh tersebut dapat menghambat perempuan untuk membawa atau menciptakan suatu perubahan.
  3. Carilah peluang untuk berekspresi, jangan membatasi mimpimu. Jangan selalu berkata “Oh, kayaknya aku tidak bisa melakukan hal itu.” Jadi, kita harus melewatinya karena selama tujuan dan niat kita baik, pasti akan selalu ada jalan keluarnya. Seandainya menjadi sukses itu mudah diperoleh, pasti semua orang akan menjadi orang yang sukses. Akan selalu ada tantangan yang akan kita hadapi jika kita ingin meraih kesuksesan. “Don’t give up”, cari knowledge yang kita sukai karena hal tersebut dapat menambah kepercayaan diri untuk mencapai apa yang diinginkan
  4. Kita sebagai sesama perempuan dapat memberikan sedikit manfaat kepada lingkungan sekitar, yaitu dengan saling sharing untuk menguatkan satu sama lain, seperti kata pepatah “A Small Step for Greater Good” yang berarti dari sedikit langkah yang kecil, ketika kita bersama-saama melakukannya atau dalam sharing, maka mungkin kita dapat saling menguatkan satu sama lain dan hal ini akan membantu Indonesia untuk dapat merasakan manfaatnya.

Pesan yang disampaikan yaitu kita harus lebih giat dalam menggali potensi diri kita dan juga kita harus percaya bahwa kita memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Ketika kita sendiri sudah maju (empowered) kita barus bisa empowering orang-orang di sekitar kita. Selanjutnya, jika orang-orang di sekitar kita juga sudah empowered, maka hal ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan Indonesia.

#InnovationForTheGreaterGood, #WardahScholarshipProgram, #InspiringGeneration